Akreditasi : “B”

SK BAN-PT Nomor : 468/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014

Berdiri kokoh sejak tahun 1995 ditengah kota Malang yang dikenal sebagai kota pelajar yang sejuk dan asri, Program Studi Teknik Mesin bermetamorfosis menjadi Program Studi kebanggaan yang menghasilkan lulusan yang tersebar diseluruh tanah air baik bekerja sebagai PNS, TNI, BUMN, berwiraswasta.

Ditunjang dengan kualitas dan kuantitas Dosen yang 100% berkualifikasi Magister (S-2), Program Studi Teknik Mesin dilengkapi dengan laboratorium dan infrastruktur ruang belajar yang nyaman. Program Studi Teknik Mesin Universitas Gajayana mampu melakukan pembaharuan dalam segala bidang secara terus menerus sesuai dengan kebutuhan pasar.

Dengan kurikulum yang berbasis kompetensi, program studi ini berorientasi pada bidang Konversi Energi yang meliputi: Energi Terbarukan, Mesin-mesin Thermal dan Fluida, Mekanika Teknik, Dinamika dan Statika Struktur, Mekanika Fluida,Bahan Bakar serta Teknik Pembakaran mencakup juga Pertahanan Militer (Misil, Propelar, Torpedo, Senjata,Mortir juga Amunisi ). Prospek lapangan kerja lulusan : bidang Manufaktur Industri, Bengkel, TNI, Konsultan Struktur, BUMN, PNS, dan lain-lainnya.