Fisika merupakan salah satu pilar utama ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan pemahaman mengenai fenomena alam serta kemungkinan aplikasinya dalam meningkatkan kesejahteraan hidup umat manusia.

Program studi Fisika mempelajari tentang gejala alam suatu materi dalam lingkup ruang dan waktu. Para mahasiswa Fisika mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.

Posisi dan status fisika yang sangat strategis tersebut menuntut para fisikawan untuk selalu mengembangkan, menerapkan, dan sekaligus memasyarakatkan ilmu fisika, agar dapat mendorong secara positif perkembangan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pengembangan dan pelaksanaan pendidikan fisika lanjutan sangat diperlukan untuk tujuan meningkatkan kompetensi dan profesionalisme fisikawan agar sesuai dengan tuntutan perkembangan IPTEK fisika di masyarakat.

Ciri khas Prodi Fisika Universitas Gajayana Malang adalah mengacu pada pengembangan kurikulum berwawasan teknopreneurship. Capaian pembelajaran yang dijadikan keunggulan Prodi Fisika adalah fokus mencetak lulusan berwawasan teknopreneurship melalui penggabungan antara ilmu fisika dan ilmu inkubator teknologi dan bisnis pada konsentrasi Fisika Material, Fisika Medis, dan Geofisika.

Adapun Capaian Pembelajaran yang diunggulkan terdapat pada PP7 yaitu: “Menguasai pengetahuan tentang peranan fisika dalam bidang teknologi untuk kepentingan bisnis teknologi (teknopreneur) dan menjaga kelestarian lingkungan hidup”.